Header Ads

Seo Services

Lebaran kali ini Minim Tempat Liburan

infoberitawisata.blogspot.com - Lebaran kali ini Minim Tempat Liburan - Satu dekade lalu, berbondong-bondong orang ingin datang ke Kota Raja, Tenggarong. Namun setelah sederet peristiwa yang menimpa ibu kota Kutai Kartanegara, segalanya berubah. Tak ada lagi aroma wisata, bahkan pada saat seluruh warga berlibur panjang.

WADUK Panji Sukarame dan Museum Kayu di Kelurahan Panji Sukarame, Tenggarong, adalah yang tersisa pada Idulfitri tahun ini.  Baru di kedua objek itu yang dipastikan dapat dikunjungi. Sederet lokasi wisata lain yang sudah akrab di telinga nyatanya masih samar beroperasi.

Museum Mulawarman, Planetarium Jagad Raya, termasuk Pulau Kumala, belum jelas apakah sepanjang cuti bersama tahun ini akan dibuka. Kepala Disbudpar Kukar, Sri Wahyuni, mengatakan bahwa Waduk Panji dan Museum Kayu Tuah Rimba dibuka saat Lebaran mulai pukul 10 pagi.

Sementara itu Museum Mulawarman dan Planetarium Jagad Raya yang tidak dibuka saat Idulfitri, Sri menyatakan kedua objek wisata itu di bawah kewenangan provinsi.

“Kami belum bisa pastikan karena itu aset provinsi,” imbuhnya. Bukan hanya museum dan tempat pengamatan angkasa, lokasi wisata terkenal yang lain dipastikan tidak bisa dikunjungi, Pulau Kumala. Digadang-gadang menjadi ikon Tenggarong, pulau itu kini ditutup atas alasan masih berlangsung penghitungan aset oleh El John, selaku pengelola pulau. Diserahkan kepada swasta untuk dikelola pada 2009, Pemkab Kukar memilih untuk memutus kontrak, tak lama lagi.

Minimnya tempat yang dapat dikunjungi di “Kota Wisata” Tenggarong semakin diperparah dengan akses ke sana. Usai Jembatan Kartanegara runtuh, jalur menuju Tenggarong dari Samarinda harus ditempuh dengan perahu dan kapal penyeberangan. Merepotkan mereka yang membawa kendaraan.

Sementara jalur dari Balikpapan melalui Loa Kulu masih banyak yang rusak. Memang sudah ada perbaikan tapi sulit mengatakan bahwa jalur provinsi ini mulus. Roda empat berbobot pendek seperti jenis sedan akan kesulitan melalui medan “darat” ini.

Bagaimanapun, dari sedikit pilihan berikut akses yang agak sulit, beberapa objek wisata segera dibuka ketika libur Lebaran habis. Bagi Anda yang masih berkesempatan datang ke Tenggarong, berikut beberapa tempat wisata yang tersedia di Kota Raja.
Taman Wisata Pulau Kumala
Taman Wisata Pulau Kumala
Sumber : www.kaltimpost.co.id

No comments:

Powered by Blogger.